Cara Merebus Kulit Buah Delima

Salah satu ramuan tradisional warisan leluhur yang masih dipakai sekarang ini adalah kulit buah delima. Kulit buah delima merupakan obat alami yang kemampuannya dalam menyembuhkan sudah terbukti. Manfaat kulit delima diantaranya adalah untuk nyeri lambung, disentri, sakit perut, keputihan dan lainnya. Selain kulitnya, ternyata biji, daun, batang dan akarnya juga dapat digunakan sebagai obat.

Buah delima memiliki rasa yang manis bila sudah matang dan berwarna merah, ada juga delima yang memiliki warna putih tergantung dari jenis variannya. Sebagian besar masyarakat menganggap dagingnya saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan padahal kulit buahnya juga tidak kalah khasiatnya dalam hal mengobati. Lantas, bagaimana cara mengolah kulit delima sebagai obat? Berikut ini adalah cara merebus kulit buah delima untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Mengatasi cacingan
Sediapkan bubuk kulit delima yang sudah kering dan serbuk biji pinang masing-masing 15 gram serta siapkan tiga gelas air. Masukkan semua bahan tadi ke dalam panci dan rebus sampai mendidih, setelah itu saring dan dinginkan baru diminum sampai habis.

Cara Merebus Kulit Buah Delima
Menghentikan pendarahan
Sediakan kulit buah delima kering lalu ditumbuk kasar dan rebus sampai mendidih. Setelah itu minum airnya dan lakukan cara ini secara rutin.

Mengatasi keputihan
Siapkan 15 gram daun sambiloto kering dan 30 gram bubuk kulit delima. Rebus kedua bahan alami tadi bersama empat gelas air sampai sisa setengahnya. Minum rebusan kulit delima dua kali sehari sampai sembuh.

Mengobati disentri dan diare
Kulit delima yang masih segar direbus bersama 15 daun sambiloto, 15 gr buah pala dan 15 gr krokot. Rebus bersama tiga gelas air sampai sisa satu gelas, setelah mendidih angkat dan saring lalu minum airnya satu kali sehari rutin sampai sembuh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah Delima Bisa Menggugurkan Kandungan

Cara Mengolah Buah Delima