Cara Menanam Buah Delima

Ada tiga jenis macam buah delima yang dapat dibudidayakan yakni delima merah, putih dan delima ungu. Berikut ini adalah cara menanam buah delima dengan benar dan menghasilkan buah delima yang berbuah dengan lebat.

Pertama siapkan bibit buah delima, caranya adalah dengan menyiapkan biji, stek batang atau cangkok dan tunas. Cara cepat menghasilkan buah delima adalah dengan memakai cara cangkok batang. Anda bisa membelinya di toko tanaman terdekat. Berikut ini adalah cara menyiapkan media semai dan bibit tanaman buah delima dari bijinya.

Pilih buah delima yang sudah tua lalu belah dan diambil bijinya, lalu biji buah delima tadi dijemur selama satu hari di bawah sinar matahari, kemudian diangkat dan letakkan di tempat teduh. Sebelum melakukan penyemaian biarkan selama satu malam.

Cara Menanam Buah Delima
Sebelum disemai langkah selanjutnya adalah merendamnya dengan air hangat selama 4 jam dan airnya jangan terlalu panas. Lalu tiriskan dan mulai melakukan penyemaian di lahan semai yang sudah disiapkan. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari sampai bibit buah delima tumbuh dan siap dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Langkah kedua adalah menyiapkan lahan tanam. Gali lubang dengan kedalaman 50 cm, lalu ukurannya 50cm x 50 cm dan lubang tadi diberi pupuk kandang tapi jangan sampai penuh cukup 2/3 bagian saja. Lalu biarkan lubang tadi selama 3 minggu sebelum ditanam dan menunggu bibit yang telah disediakan.

Langkah ketiga adalah menanam bibit buah delima. Syarat bibit yang sudah siap dipindahkan tingginya harus mencampai 20cm. Cabutlah bibit bersama dengan tanahnya semaiannya dan gunakan pisau agar dapat dengan mudah menggali tanah.

Untuk perawatan pohon buah delima agar dapat cepat menghasilkan buah adalah dengan memangkas cabang yang terlalu banyak agar nutrisi yang diserap dimanfaatkan untuk berbunga. Saat umur tanaman buah delima sekitar enam bulan baru melakukan pemupukan ulang. Penyiraman dilakukan secara rutin khususnya pada musim kemarau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merebus Kulit Buah Delima

Buah Delima Bisa Menggugurkan Kandungan

Cara Mengolah Buah Delima